Cara mengajari anak berhitung pengurangan

4 Cara Mudah Mengajari Anak Hitung Pengurangan

Matematika selalu menjadi pelajaran yang dianggap sulit bagi anak-anak, tak heran jika banyak yang memilih menghindarinya, terutama pengurangan. Namun ternyata, tidak sulit memupuk rasa suka matematika sejak dini pada anak, termasuk cara mengajari anak berhitung pengurangan. Berikut 5 hal yang bisa Anda coba.

Mulai dengan Mengenal Angka

Ada pepatah mengatakan ‘tak kenal maka tak sayang’, mungkin saja anak Anda tidak mau belajar matematika karena belum mengenal angka. Mulai dengan mengenalkan angka 1 sampai 10, cari benda-benda di sekitar yang mirip dengan angka-angka supaya memudahkan anak untuk mengenali. 

Selanjutnya, ajak mereka menghafalkan angka. Bisa dengan berbagai cara, mendengarkan lagu bertema angka misalnya, atau dengan menyetelkan kartun dan film yang mengenalkan angka. Lakukan secara konsisten tapi tanpa paksaan supaya anak-anak belajar tanpa rasa tertekan. 

Menggunakan Barang Sehari-hari

Anak-anak akan lebih mudah mengingat angka jika adanya contoh yang digunakan dalam menjelaskan. Tidak sulit menemukan barang-barang sekitar sebagai replika angka, misalkan uang koin sebagai angka 0, sedotan bengkok untuk angka 7, dan lain-lain. Asal kreatif, mengajarkan berhitung anak akan mudah. 

Selanjutnya, cara mengajari anak berhitung pengurangan bisa menggunakan uang. Ajak anak pergi ke warung untuk jajan atau memberi kebutuhan sehari-hari. Dari pengalaman inilah anak akan belajar pengurangan, atau bahkan pertambahan dengan contoh kehidupan sehari-hari. 

Menggunakan Permainan Menyenangkan 

Namanya juga anak-anak, jika ditanya antara belajar atau bermain, mereka pasti akan lebih suka bermain. Namun tidak ada salahnya mengajaknya bermain sambil belajar dengan permainan belajar matematika. Saat ini ada banyak aplikasi belajar matematika yang bisa diunduh di ponsel. Alih-alih sekadar menonton video atau gim, aplikasi belajar akan lebih bermanfaat.

Namun, jika Anda ingin mencoba cara bermain dan belajar yang sekaligus bisa meningkatkan kedekatan orang tua dan anak, permainan seperti ular tangga atau monopoli bisa dicoba. Permainan ini juga mengajarkan kalah dan menang pada anak-anak. 

Belajar Membuat Kue

Selain bermain, menciptakan kegiatan bersama seperti membuat kue juga tips belajar menyenangkan bagi anak. Dimulai dengan belajar mengukur tepung yang dibutuhkan, menambahkan jumlah telur, atau mengurangi takaran gula yang terlewat banyak. 

Setelah kue matang, ajak anak makan bersama. Hitung jumlah kue awal, dikurangi dengan kue yang dimakan bersama. Meski sederhana, cara ini pasti akan menyenangkan karena mereka juga bisa sambil makan kue kesukaan. Tidak hanya pengurangan, matematika yang bisa diajarkan saat membuat kue juga seperti penambahan, pembagian, dan pecahan. 

Setelah Anda menunjukkan cara mengajari anak berhitung pengurangan yang menyenangkannya tadi, mereka akan merasa antusiasme tentang pembelajaran tersebut. Setelah itu, anak-anak juga akan menikmati belajar dan jadi lebih mudah diingat.

Tentang Anak
Batata
JoyClass
Joydu
Profile