Tahap tumbuh kembang anak

Anda Calon Orangtua? Kenalilah Tahap Tumbuh Kembang Anak!

Salah satu ilmu penting bagi calon orangtua adalah mengetahui proses tumbuh kembang anak. Setiap anak mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, oleh karena itu anda perlu menangani sesuai kebiasaan anak anda. Upaya untuk mengetahui tahap tumbuh kembang anak dapat membantu anda untuk memastikan bahwa anak tersebut dapat tumbuh dengan optimal atau tidak.

Secara umum, tahap-tahap tumbuh kembang anak dibagi menjadi enam tahapan. Setiap tahapan memiliki ciri tersendiri yang harus anda amati pada anak, berikut ini penjelasannya.

Tahap Tumbuh Kembang Bayi Baru Lahir-Newborn

Tahapan tumbuh kembang bayi newborn dimulai saat dilahirkan hingga berusia 1 bulan. Beberapa tanda-tanda tumbuh kembangnya bisa anda lihat dari caranya untuk merespon suatu gerakan. Respon gerakan tersebut meliputi: jika anda memegang bibirnya maka bayi tersebut akan membuka mulutnya. Bayi baru lahir ini biasanya sudah bisa mengenali wajah orangtuanya, bisa tersenyum, dan menangis.

Tahap Tumbuh Kembang Bayi

Tahap tumbuh kembang bayi dimulai saat bayi berumur 1-12 bulan. Saat berumur 3-6 bulan, bayi akan bisa menggerakkan kepala dan memainkan tangannya sendiri. Bayi biasanya sudah mampu duduk tanpa tumpuan, mengeluarkan kicauan, dan bisa mengenali namanya. Sedangkan pada umur 9-12 bulan, bayi mulai belajar merangkak, menunjuk sesuatu yang diinginkan, dan berjalan dengan tumpuan. 

Tahap Tumbuh Kembang Balita

Pada tahap tumbuh kembang bayi di bawah tiga tahun ini ditandai oleh perkembangan sistem motorik. Perkembangan motorik meliputi anak bisa berjalan sendiri hingga melompat. Pada tahap bayi di bawah tiga tahun ini sudah bisa memegang pensil, membuat lingkaran sederhana hingga berbicara dengan kalimat pendek.

Tahap Tumbuh Kembang Anak Pra-Sekolah

Pra-sekolah ini meliputi anak berumur 3-5 tahun. Tahap tumbuh kembang anak sudah mengalami peningkatan pesat dalam kemampuan motoric. Pada tahap ini anak sudah bisa memakai baju sendiri, melempar bola hingga berdiri dengan satu kaki.

Tahap Tumbuh Kembang Anak Usia Sekolah

Anak usia sekolah meliputi anak yang berumur 6-12 tahun. Pada tahap ini anak sudah bisa memecahkan masalah, mandiri serta bertanggungjawab. Anak sudah mulai membangun pertemanan di sekolah,dan menunjukkan kecenderungan mereka dalam menyikapi sesuatu.

Tahap Tumbuh Kembang Remaja

Dari tahap tumbuh kembang anak sampai remaja, tahap remajalah yang menguras pikiran dan emosi. Anda sebagai orang tua akan merasa kuwalahan dengan cara bersikap anak anda yang susah ditebak. Akan tetapi anda tidak usah khawatir, karena pada tahap ini anak usia remaja akan berproses menjadi dewasa dan mulai belajar mandiri. Sebagai orang tua anda harus memberikan kebebasan atas apa yang dibutuhkan anak serta mendukung hobi anak tersebut. Karena hal itu akan membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang pintar.

Tentang Anak
Batata
JoyClass
Joydu
Profile