Cara mengajari anak yang kurang fokus

4 Cara Mengajari Anak yang Kurang Fokus Saat Belajar Daring

Setiap anak memiliki tingkat konsentrasi dan fokus yang berbeda-beda, sehingga para orang tua pun harus memahaminya. Salah satu aktivitas yang membutuhkan konsentrasi lebih adalah saat mengikuti sekolah online dari rumah. Berbeda dengan di sekolah, belajar dengan sistem daring membutuhkan perhatian ekstra dari orang tua agar si kecil tidak ketinggalan pelajaran. Lantas, bagaimana cara mengajari anak yang kurang fokus?

Tips Mengajari Anak yang Kurang Fokus

Ada banyak faktor yang bisa mengganggu tingkat konsentrasi anak saat belajar di rumah. Mulai dari lingkungan yang tidak kondusif, kurangnya dukungan orang tua, hingga penggunaan gadget yang berlebihan. Supaya tingkat konsentrasi anak bisa meningkat, coba lakukan beberapa hal berikut ini. 

Ciptakan lingkungan yang mendukung aktivitasnya

Tingkat konsentrasi anak akan terganggu jika kondisi lingkungannya tidak kondusif ketika belajar di rumah. Meskipun sebagian anak bisa berkonsentrasi di tempat yang ramai, tapi sebagian lagi lebih mudah berkonsentrasi jika lingkungannya sepi. Oleh karena itu, ciptakanlah lingkungan yang mendukung aktivitas si kecil agar konsentrasinya terlatih. Bagi si kecil yang cenderung fokus di lingkungan tenang, maka buatlah kondisi sekitarnya tentram dan terhindar dari kesibukan yang bisa mengganggunya. 

Jauhkan anak-anak dari gadget

Di tengah kondisi seperti sekarang, dimana sekolah dilakukan secara online, rasanya akan sulit untuk menjauhkan anak-anak dari gadget. Sebab aktivitas belajar mengajar sering kali dilakukan melalui Zoom maupun Google Class. Kendati demikian, orang tua tetap harus bijak dalam mengawasi buah hatinya ketika menggunakan gadget. 

Dampingi si kecil selama belajar daring agar mereka tidak tergoda untuk mengakses hal-hal di luar pelajarannya. Setelah sesi belajar usai, orang tua pun perlu menerapkan regulasi yang tegas soal penggunaan gadget. Dengan begitu, tumbuh kembang anak bisa lebih optimal dan terhindar dari kecanduan gadget. 

Biasakan si kecil untuk mengerjakan satu tugas dalam satu waktu

Cara mengajari anak yang kurang fokus selanjutnya adalah membiasakan mereka untuk mengerjakan satu tugas di satu waktu. Jika anak-anak memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan, maka orang tua harus mendampinginya dan membimbingnya untuk mengerjakan satu per satu tugasnya. Dengan metode semacam ini, anak akan lebih mudah berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas sekolahnya. Selain itu, mengerjakan satu tugas di satu waktu akan membuatnya lebih cepat menyelesaikan tugasnya. 

Kenali faktor yang menghambat fokus dan cara menghadapinya

Sama seperti orang dewasa, anak-anak pun kerap kali mengalami distraksi yang menurunkan tingkat konsentrasinya. Oleh sebab itu, orang tua harus lebih jeli dalam mengenali faktor apa saja yang menghambat fokusnya. Selain itu, carilah cara yang tepat untuk menghadapi distraksi yang mempengaruhi fokus anak. Itu tadi empat cara mengajari anak yang kurang fokus saat belajar daring di rumah.

Tentang Anak
Batata
JoyClass
Joydu
Profile