Cara mengajari anak bab di toilet

Cara Mengajari Anak Bab di Toilet Sejak Dini

Bagi para orang tua, ada banyak hal yang wajib dan penting diajarkan untuk buah hati mereka sedari dini. Tentunya beberapa hal yang harus diajarkan adalah berbagai hal baik yang salah satunya adalah mengajarkan anak bab di toilet. 

Pentingnya Membiasakan Anak untuk Bab di Toilet Sejak Dini 

Membiasakan anak untuk diajarkan berbagai hal baik termasuk toilet training ini sendiri memang membutuhkan banyak usaha dan juga kesabaran pastinya. Sebab, banyak anak-anak yang masih menahan buang air baik buang air kecil maupun buang air besar. Bahkan banyak yang belum bisa mengontrol sehingga banyak dari anak-anak mereka yang akhirnya buang air kecil maupun buang air besar di tempat. 

Untuk mengajari bagaimana cara mengajari anak bab di toilet sangat diusahakan untuk diajarkan sejak usia 18 bulan sampai dengan 4 tahun. Hal ini dilakukan memang untuk memberikan kebebasan pada anak terlebih dahulu ketika ia akan menggunakan popok lebih lama maupun menggunakan pispot. Penggunaan pispot juga dilakukan untuk menghindarkan dari ketakutan ketika harus buang air kecil maupun buang air besar di toilet. 

Inilah Sebagian Cara Mengajari Anak Bab di Toilet 

Jika Anda penasaran bagaimana cara mengajari anak bab di toilet, maka simaklah beberapa informasi singkatnya berikut ini:

  • Melakukan Toilet Training yang Tepat 

Cara pertama yang dilakukan pastinya memberikan edukasi maupun pengertian bahwa jika akan buang air kecil maupun buang air besar harus dilakukan di kamar mandi. Dengan pengertian secara perlahan, maka bisa menjadi kebiasaan bagi sang buah hati untuk mengingat dan menerapkannya. Sugesti ini juga membantu tumbuh kembang anak untuk menyerap hal-hal baru. 

  • Mengajak Anak Rutin ke Toilet 

Anda juga bisa mengajarkan anak Anda untuk rutin ke toilet. Ketika anak Anda sudah mulai menunjukkan bahwa mereka akan buang air besar maupun kecil, maka Anda bisa mengajaknya 15 sampai 30 menit sebelumnya. 

  • Mengajarkan Anak untuk Mandiri

Ketika Anak Anda sudah mulai merasa mules, maka Anda bisa membukakan celananya, mengajaknya ke toilet dan yang pasti memberikan informasi bahwa buang air kecil dan besar harus dilakukan di toilet. Pastikan untuk memberikan komando bagi sang anak agar anak Anda terbiasa mandiri. 

  • Memberikan Makan Makanan yang Bergizi 

Pastikan juga untuk selalu memberikan makanan bagi anak Anda dengan makan-makanan yang bergizi. Dengan makanan bergizi, pastinya anak Anda tidak akan kesulitan saat akan buang air besar. Berikan sejumlah makanan yang kaya akan serat seperti buah-buahan dan juga sayur-sayuran. 

Usahakan menerapkan sejumlah cara mengajari anak bab di toilet di atas. Berusahalah untuk tetap tenang dan pastinya harus sabar. Sebab, cepat atau lambat anak Anda dalam mengerti bahwa buang air besar dan kecil harus di toilet pastinya berbeda-beda. 

Tentang Anak
Batata
JoyClass
Joydu
Profile