Cara mengajari anak sulit membaca

Anak Kesulitan Membaca, 5 Cara Mengajari Anak Sulit Membaca Dengan Efektif

Sebagai orang tua, tentu saja Anda ingin yang terbaik untuk anak – anak. Hanya saja terkadang apa yang Anda harapkan tidak sesuai dengan kenyataannya. Hal ini juga ketika Anda berharap anak bisa membaca dan menghitung dengan cepat. Namun pada kenyataan cara mengajari anak membaca tidaklah mudah. Nah, untuk mengatasi hal tersebut berikut beberapa cara mengajari anak sulit membaca dengan jauh lebih efektif diantaranya:

Bimbing Anak Untuk Memahami Inti Bacaan

Meminta anak untuk membaca 1 paragraf lalu minta mereka menyebutkan intinya adalah langkah awal. Selain itu, Anda bisa mengajarkan anak membaca per bagian lalu bertanya pada anak inti dari setiap chapternya. Memberikan bimbingan seperti ini bisa membantu Anda untuk belajar membaca dan memahami inti apa yang mereka baca. Jangan lupa memberikan pujian jika mereka berhasil melakukannya dengan baik. 

Membagi Isi Bacaan

Ketika anak mengalami kesulitan membaca karena bahan bacaannya yang sangat banyak, maka cobalah untuk membantu anak untuk membagi bahan bacaannya. Jika Anda terus membiarkan mereka membaca terlalu banyak maka anak akan kehilangan makna bacaan sehingga mereka menjadi lebih frustasi dalam menerima informasi yang dipelajarinya. Dalam kondisi ini, anak akan kesulitan untuk membaca dan menyelesaikan tugasnya. 

Periksa Kesehatan Mata dan Psikologis Secara Berkala

Jika anda merasa anak mengalami kesulitan membaca, maka ada baiknya untuk melakukan tes kesehatan mata. Jika tidak ada masalah maka Anda bisa melakukan tes psikologis untuk membantu terapi speech language. Jika sudah diketahui masalahnya maka akan lebih mudah untuk Anda cara mengajari anak sulit membaca 

Minta Bantuan Dukungan Guru

Jika Anda merasa anak memerlukan bantuan dari sekolah pada saat memahami pelajaran, maka buatkan janji temu dengan guru dan bisa Anda sampaikan niat Anda. Jika memiliki laporan medis tumbuh kembang Anak, maka Anda bisa membawa laporan ini dan tunjukkan pada pihak sekolah jika anak Anda memang mengalami kesulitan dalam membaca. 

Meminta Anak Menceritakan Ulang

cara mengajari anak sulit membaca adalah dengan meminta mereka menceritakan ulang. Pasalnya beberapa anak yang kesulitan membaca juga biasanya mengalami masalah tidak bisa memahami cerita dengan baik. Anda bisa membantu anak untuk bisa lebih paham dengan cara memberikan mereka pertanyaan mengenai cerita yang baru selesai dibaca. 

Anda juga bisa membiarkan anak untuk menanyakan hal yang berhubungan dengan cerita yang mereka coba baca. Cara ini sebenarnya bisa membantu anak untuk memahami bacaan dengan baik dan sebagai cara latihan membaca dengan efektif. 

Nah, itulah beberapa tips membantu anak belajar membaca dengan cara efektif. Semoga bisa membantu Anda yang memiliki anak sedang dalam masa kesulitan membaca, selamat mencoba. 

Tentang Anak
Batata
JoyClass
Joydu
Profile